Posted by : Anak Bone Jumat, 23 Maret 2012

Persaingan universitas di Indonesia untuk menjadi kandidat world class university atau universitas berkelas baik di skala nasional maupun Internasional. Di Indonesia sendiri, universitas-universitas di Indonesia sama-sama bersaing dengan membetuk karakter pendidikan mereka masing-masing. Persaingan tersebut tidak hanya dilakukan oleh universitas berlabel umum baik negeri maupun swasta, tetapi universitas dengan background ke-ISLAM-an juga tidak berhenti menunjuukkan karakter masing-masing. Setelah perubahan dari IAIN ke UIN, beberapa UIN (Universitas Islam Negeri) di Indonesia mulai merangkak menuju ke perubahan yang lebih cerah, baik dari segi sistem pendidikan maupun penyediaan fasilitas kampusnya.
Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia berada di bawah tanggung jawab Kementerian Agama. Ada tiga jenis perguruan tinggi yang termasuk ke dalam kategori ini, yaitu Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Di setiap provinsi di Indonesia terdapat satu UIN, IAIN, atau STAIN.Saat ini sudah terdapat 6 kampus UIN yang tersebar di Indonesia :

  • UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, DKI Jakarta ; Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 031 tahun 2002. Sejarah pendirian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta merupakan mata rantai sejarah perkembangan perguruan tinggi Islam di Indonesia dalam menjawab kebutuhan pendidikan tinggi Islam modern yang dimulai jauh sebelum Indonesia merdeka. UIN Jakarta merupakan pelopor terbentuknya UIN di Indonesia.


  • UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, DI Yogyakarta; Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam perjalanannya telah menjadi center of excellence dalam bidang ilmu-ilmu keislaman serta dijuluki sebagai feeder bagi UIN lainnya. UIN Sunan Kalijaga membekali dan mengantarkan mahasiswa siap terjun ke dunia kerja dan wiraswasta. UIN Jogja merupakan salah satu universitas favorit di Kota Gudeg Jogja.


  • UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur; UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang Jawa Timur ; Universitas Islam Negeri (UIN) Malang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 50 tanggal 21 Juni 2004. Bermula dari gagasan para tokoh Jawa Timur untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi Islam di bawah Departemen Agama, dibentuklah Panitia Pendirian IAIN Cabang Surabaya melalui Surat Keputusan Menteri Agama No. 17 Tahun 1961 yang bertugas untuk mendirikan Fakultas Syariah yang berkedudukan di Surabaya dan Fakultas Tarbiyah yang berkedudukan di Malang. Suasana kampus yang asri menjadikan kampus ini sebagai salah satu kampus yang banyak dikunjungi untuk kegiatan study banding


  • UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat ; Sejarah berdirinya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tidak lepas dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung karena UIN merupakan kelanjutan dan pengembangan dari IAIN SGD Bandung. IAIN SGD Bandung didirikan pada tanggal 8 Agustus 1968 M bertepatan dengan 10 Muharram 1388 H berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 56 Tahun 1968. Kehadiran IAIN Sunan Gunung Djati Bandung merupakan hasil perjuangan para tokoh umat Islam Jawa Barat.


  • UIN Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan; Penamaan UIN di Makassar dengan “Alauddin” diambil dari nama raja Kerajaan Gowa yang pertama memuluk Islam dan memiliki latar belakang sejarah pengembangan Islam di masa silam, di samping mengandung harapan peningkatan kejayaan Islam di masa mendatang di Sulawesi Selatan pada khususnya dan Indonesia bahagian Timur pada umumnya. Mulai 10 Oktober 2005 Status Kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar berubah menjadi (UIN) Universitas Islam Negeri Alauddinn Alauddin Makassar berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia No 57 tahun 2005 tanggal 10 Oktober 2005 yang ditandai dengan peresmian penandatanganan prasasti oleh Presiden RI Bapak DR H Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 4 Desember 2005 di Makassar. Saat ini UIN Alauddin tengah mengembangkan kampus baru yang berbasis modern, islami, dan ramah lingkungan di wilayah Kabupaten Gowa dan berbatasan langsung dengan Danau Mawang.


  • UIN Sulthan Syarif Qasim, Pekanbaru, Riau; Universitas Islam Negeri Syarif Qasim Pekanbaru (UIN Suska) Riau dalam bahasa Inggris adalah State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau merupakan hasil pengembangan/ peningkatan status pendidikan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru yang secara resmi dikukuhkan berdasarkan Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2005 tanggal 4 Januari 2005



{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Consultan ijazah sarjana Melayani Jasa Kepengurusan Ijazah SMU, S1 dan S2
    (melayani pembuatan ijazah resmi )

    Kejujuran dan kepercayan adalah modal utama kami. Masa depan tergantung apa yang anda lakukan hari ini. Dan kesuksesan menunggu bagi anda yang berjiwa optimis. Anda yakin silahkan transaksi, tidak yakin jangan transaksi.
    ( SIMPLE ) . Kami tidak menyediakan ijazah aspal atau palsu. Ketentuan kami mengikuti ketentuan dan hukum di Universitas masing-masing yang berlaku. bagi anda yang ingin mendapatkan ijazah untuk mendapat pekerjaan yang layak, kami dari
    consultan Ijazah sarjana, Siap membantu anda yang ingin mengubah masa depan menjadi lebih baik .!!

    Persyaratan :
    1. Nama :
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone
    9. Semua data di email ke: pt.mandalaconsultan@gmail.com

    contact : 0853 9824 5012
    email : pt.mandalaconsultan@gmail.com
    wbsite : http://ptmandalaconsutanijazah.blogspot.com

    BalasHapus

Welcome to My Blog

Blogger templates

follow me on twitter

Pengunjung

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Bayu Alfian -Dark Amaterasu Template- Design by YONDARKNESS -Original by Blog Johanes-